Pj Sangadi Togid Ikuti Bimtek Manajemen Pemerintahan Desa

  • Feb 21, 2023
  • Admin Desa Togid

Pemdes Togid - Untuk upaya meningkatkan kompetensi pelayanan kepada masyarakata, Pj Sangadi Desa Togid Ibu Suzan Nina Emor, SE mengikuti Bimbingan Teknis yang dilaksanakan oleh Pusat Studi Strategi Pembangunan Daerah (Pusbangda) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Hotel Best Western, Jakarta, Senin 20/02/2022. Menariknya dalam Bimbingan Teknis ini selain pemateri yang berasal dari kalangan praktisi dan akademisi IPDN, yaitu DR. H. Mansyur Ahmad KM, M.Si, dan Direktur Program Doktoral  IPDN, Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si, (SSM) juga turut memberikan materi dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi.

Dalam penyampaian materi Bimtek Manajemen Pemerintahan, Bupati menegaskan empat hal agar program Pemerintah Desa menjadi terbaik sehingga ada manfaatnya dan langsung dirasakan masyarakat. "Yang harus dilakukan oleh kepala desa, yakni pertama perencanaan  harus matang, pelaksanaan harus dilakukan dengan baik, harus mengetahui penatausahaan administratrsi dan pertanggungjawaban tidak asal jadi. Jika ini dilakukan dengan baik, maka hasilnya akan baik juga, dan selanjutnya bisa memberikan contoh bagi kepala desa selanjutnya," ujar Bupati.

Bupati juga menyampaikan bahwa, kemampuan kepala desa harus tetap ditingkatkan dengan kegiatan peningkatan kompetensi, "Jika pikiran tidak di asa termasuk dalam belajar, maka akan pikun lebih cepat. Pikiran kita harus terus di asa dengan mencari ilmu pengetahuan," terang Bupati yang juga mantan ketua DPRD Boltim dan juga ketua KPU Bolmong Ini.

Pada akhir materi, Bupati selanjutnya memberi motivasi bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dengan dibiayai oleh negara. Maka gunakan pelaksanaan Bimtek dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan ilmu." Kita tidak selalu dibiayai negara untuk mendapatkan ilmu, jadi manfaatkan pembelajaran saat ini dari pemateri yang sangat berkompeten, untuk menambah pengetahuan lebih banyak." Pungkas Bupati sekaligus membuka kegiatan Bimtek.